Ilmu Sosial Dasar (ISD) dan Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS)

KATA PENGANTAR

            Puji syukur kita panjatkan kepada Tuhan Yang Maha Esa, karena atas berkat dan limpahan rahmatnya maka kita telah menyelesaikan sebuah karya tulis ini tepat waktu. Berikut ini penulis mempersembahkan sebuah makalah dengan judul Makalah Ilmu Budaya Dasar. Dalam pembahasannya, makalah ini membahasa tentang ilmu budaya dasar sebagai salah satu MKDU (Mata Kuliah Dasar Umum), pengertian ilmu budaya dasar, tujuan ilmu budaya dasar, dan ruang linkup ilmu budaya dasar.

            Melalui kata pengantar ini penulis lebih dahulu meminta maaf dan memohon permakluman bilamana isi makalah ini ada kekurangan dan ada tulisan yang penulis buat kurang tepat. Dengan ini penulis mempersembahkan makalah ini dengan penuh rasa hormat dan terima kasih.

DAFTAR ISI

Kata PengantarDaftar IsiBab I Pendahuluan1.1 Latar Belakang1.2 Rumusan Masalah1.3 Tujuan Masalah

Bab II Pembahasan

2.1 Ilmu Budaya Dasar sebagai MKDU

2.2 Pengertian, Tujuan, ISD dan IPS

2.2.1 Pengertian ISD

2.2.2 Tujuan ISD

2.2.3 3 Kelompok Ilmu Pengetahuan

2.3 ISD dan IPS

2.3.1 Perbedaan ISD dan IPS

2.3.2 Persamaan ISD dan IPS

2.4 Ruang Lingkup ISD

Bab III Penutup

3.1 Kesimpulan

3.2 Saran

Daftar Pustaka

 

 

234444

5

5

5

5

6

6

6

6

7

7

8

8

8

9

BAB I PENDAHULUAN

1.1 Latar Belakang

Manusia adalah mahkluk yang paling sempurna yang diciptakan oleh Tuhan YME, manusia tidak dapat hidup sendiri atau dapat dikatakan manusia adalah makhluk sosial. perbedaan yang membedakan antara Manusia dengan Makhluk lainnya adalah manusia diberi ilmu dan nafsu yang tidak dimiliki oleh makhluk lainnya. akal pikiran tersebut digunakan untuk hal yang baik seperti bertahan hidup. makin kesini manusia semakin berkembang, dahulu pada zaman purba manusia telah dapat menciptakn alat-alat yang dapat digunakan untuk menunjang pekerjaanya seiring berjalannya waktu, peralatan tersebut dapat berkembang lebih canggih karena manusia memiliki akal pikiran yang dapat dipergunakannya. oleh karena itu manusia memiliki derajat yang lebih tinggi dari makhluk ciptaan tuhan lainnya dan manusia diberi kewajiban lebih untuk menganut agama dan beribadah kepada tuhannya, berbeda dengan hewan yang tidak diberi kewajiban tersebut.

Kebudayaan adalah sesuatu sesuatu yang akan memengaruhi tingkat pengetahuan dan meliputi sistem ide atau gagasan yang terdapat dalam pikiran manusia, sehingga dalam kehidupan sehari-hari, kebudayaan itu bersifat abstrak. atau dapat diartikan perilaku manusia terhadap lingkungannya termasuk agama, perilaku, seni, bahasa maupun peralatan hidup yang digunakan manusia selama hidupnya.

1.2 Rumusan Masalah

  1. Kenapa ISD sebagai MKDU?
  2. Apa pengertian dan tujuan dari ISD?
  3. Bagaimana hubungan antara ISD dengan IPS?
  4. Apa saja ruang lingkup dari ISD?

1.3 Tujuan Masalah

            Tujuan saya membuat makalah tentang ilmu budaya dasar ini selain untuk mendapatkan nilai tugas mata kuliah ilmu budaya dasar adalah memberitahu kepada para pembaca dan para mahasiswa baru baik universitas negeri maupun swasta lebih mengenal ilmu sosial dasar sebagai mata kuliah dasar umum, pengertian dan tujuan ilmu sosial dasar itu sendiri, dan juga ruang lingkup dari mata kuliah ilmu sosial dasar.

BAB II ISI

2.1 Ilmu Sosial Dasar Sebagai MKDU

                ISD adalah gabungan dari disiplin ilmu-ilmu sosial yang dipergunakan dalam pendekatan dan pemecahan masalah-masalah sosial yang timbul dan berkembang dalam masyarakat. ISD sebagai bagian dari MKDU adalah hubungan timbal balik antara manusia dengan lingkungannya. Hubungan tersebut dapat mewujudkan adanya kenyataan-kenyataan sosial dan masalah-masalah sosial dan inilah yang menjadi pusat perhatian dari ilmu sosial dasar dan yang penelaahanya menggunakan pendekatan berbagai disipli interdisiplin atau multidisiplin dengan memanfaatkan pengertian-pengertian fakta, konsep, teori yang berasal lapangan ilmu sosial seperti: sejarah, ekonomi, geografi sosial, sosiologi, antropologi dan psikologi sosial.

Berdasarkan sumber filsafat yang dianggap sebagai ibu dari ilmu pengetahuan, maka ilmu pengetahuan dapat dikelompokan menjadi tiga :

  1. Natural Sciences (Ilmu-ilmu alamiah), meliputi: Fisika, Kimia, Astronomi, Biologi dan lain-lain.
  2. Sosial Science (Ilmu-ilmu Sosial), terdiri dari: Sosiologi, Ekonomi, Politik Antropologi, Sejarah, Psikologi, Geografi dan lain-lain.
  3. Humanities (Ilmu-ilmu Budaya), Meliputi: Bahasa, Agama, Kesusatraan, Kesenian dan lain-lain.

Ilmu Sosial Dasar merupakan suatu bahan studi atau program pengerjaan yang khusus dirancang untuk kepentingan pendidikan/ pengajaran yang di Indonesia di berikan di peguruan tinggi. Tegasnya mata kuliah Ilmu Sosial Dasar diberikan dalam rangka usaha untuk memberikan pengetahuan dasar dan pengertian umum tentang konsep-konsep yang dikembangkan guna mengkaji gejala-gejala sosial agar daya tanggap, persepsi dan penalaran mahasiswa dalam menghadapi lingkungan sosialnya dapat ditingkatkan, seingga lebih peka terhadapnya.

2.2 Pengertian, Tujuan ISD dan IPS

            2.2.1 Pegertian ISD

ISD adalah pengetahuan yang menelaah masalah-masalah sosial, khususnya masalah-masalah yang diwujudkan oleh masyarakat Indonesia, dengan menggunakan teori-teori (fakta, konsep, teori) yg berasal dari berbagai bidang pengetahuan keahlian dalam lapangan ilmu-ilmu sosial (seperti Geografi Sosial, Sosiologi, Antropologi Sosial, Ilmu Politik, Ekonomi, Psikologi Sosial dan Sejarah) MK.

ISD merupakan suatu usaha yang dapat diharapkan memberikan pengetahuan umum dan pengetahuan dasar tentang konsep-konsep yg dikembangkan untuk melengkapi gejala-gejala sosial agar daya tanggap (tanggap nilai), persepsi dan penalaran mahasiswa dalam menghadapi lingkungan sosial dapat ditingkatkan, sehingga kepekaan mahasiswa pada lingkungan sosialnya menjadi lebih besar.

2.2.2 Tujuan ISD

ISD membantu perkembangan wawasan penalaran dan kepribadian mahasiswa agar memperoleh wawasan yang lebih luas dan ciri-ciri kepribadian yang diharapkan dari sikap mahasiswa, khususnya berkenaan dengan sikap dan tingkah laku manusia dalam menghadapi manusia-manusia lain, serta sikap dan tingkah laku manusia-manusia lain terhadap manusia yg bersangkutan secara timbal balik.

            2.2.3 3 Kelompok Ilmu Pengetahuan

  1. Ilmu-ilmu Alamiah ( natural scince ) : Ilmu-ilmu alamiah bertujuan mengetahui keteraturan-keteraturan yang terdapat dalam alam semesta. Untuk mengkaji hal ini digunakan metode ilmiah. Caranya ialah dengan menentukan hokum yang berlaku mengenai keteraturan-keteraturan itu, lalu dibuat analisis untuk menentukan suatu kualitas. Hasil analisis ini kemudian digeneralisasikan. Atas dasar ini lalu dibuat  prediksi. Hasil penelitian 100 5 benar dan 100 5 salah.
  2. Ilmu-ilmu sosial ( social scince ) : ilmu-ilmu sosial bertujuan untuk mengkaji keteraturan-keteraturan yang terdapat dalam hubungan antara manusia. Untuk mengkaji hal ini digunakan metode ilmiah sebagai pinjaman dari ilmu-ilmu alamiah. Tapi hasil penelitiannya tidak 100 5 benar, hanya mendekati kebenaran. Sebabnya ialah keteraturan dalam hubungan antara manusia initidak dapat berubah dari saat ke saat.
  3. Pengetahuan budaya ( the humanities ) bertujuan untuk memahami dan mencari arti kenyataan-kenyataan yang bersifat manusiawi. Untuk mengkaji hal ini digunakan metode pengungkapan peristiwa-peristiwa dan kenyataan-kenyataan yang bersifat unik, kemudian diberi arti.

2.3 ISD dan IPS

            2.3.1 Perbedaan ISD dan IPS

Adapun perbedaan antara keduanya adalah :

  1. Ilmu Sosial Dasar diberikan di Perguruan Tinggi, sedang Ilmu Pengetahuan Sosial diberikan di Sekolah Dasar dan Sekolah Lanjutan.
  2. Ilmu Sosial Dasar merupakan satu matakuliah tunggal, sedang Ilmu Pengetahuan Sosial merupakan kelompok dari sejumlah mata pelajaran(untuk sekolah lanjutan).
  3. Ilmu Sosial Dasar diarahkan kepada pembentukan sikap dan kepribadian,sedang Ilmu Pengetahuan Sosial diarahkan kepada pembentukanpengetahuan dan ketrampilan intelektual.

2.3.2 Persamaan ISD dan IPS

Adapun persamaan antara keduanya adalah :

  1. Kedua-duanya merupakan bahan studi untuk kepentingan programpendidikan/pengajaran.
  2. Keduanya bukan disiplin ilmu yang berdiri sendiri.
  3. Keduanya mempunyai materi yang terdiri dari kenyataan sosial dan masalah sosial.

2.4 Ruang Lingkup ISD

Tiga golongan  bahan pelajaran ISD :

  1. Kenyataan masalah dalam  masyarakat, yang secara bersama-sama merupakan masalah sosial tertentu.
  2. Konsep-konsep sosial tentang kenyataan sosial berbatasan dengan konsep dasar atau elemnter saja yang diperlukan untuk mempelajari masalah sosial yang di tuangkan  dalam Ilmu Pengetahuan Sosial
  3. Masalah-masalah yang muncul di dalam masyarakat, biasanya terlibat dalam berbagai kenyataan-kenyataan social yang antara yang satu dengan yang lainnya berbeda

 

BAB III PENUTUP

3.1 Kesimpulan

Ilmu sosial dasar sebagai MKDU adanya hubungan timbal balik antara masyarakat dan lingkungannya sehingga mewujudkan adanya kenyataan-kenyataan sosial dan masalah-masalah sosial yang menjadi pusat perhatian dari ilmu sosial dasar dengan menggunakan pendekatan berbagai disipli, interdisiplin atau multidisiplin dengan memanfaatkan pengertian-pengertian fakta, konsep, teori yang berasal lapangan ilmu sosial seperti: sejarah, ekonomi, geografi sosial, sosiologi, antropologi dan psikologi sosial.

Pengertian dari ISD itu sendiri adalah pengetahuan yang menelaah masalah-masalah sosial, khususnya masalah-masalah yang diwujudkan oleh masyarakat Indonesia yang dapat diharapkan memberikan pengetahuan umum dan pengetahuan dasar tentang konsep-konsep yg dikembangkan untuk melengkapi gejala-gejala sosial agar daya tanggap (tanggap nilai), persepsi dan penalaran mahasiswa.

Tujuan ISD adalah membantu perkembangan wawasan penalaran dan kepribadian mahasiswa agar memperoleh wawasan yang lebih luas dan ciri-ciri kepribadian yang diharapkan dari sikap mahasiswa itu sendiri

Adapun perbedaan dan persamaan ISD dan IPS adalah:

Perbedaan:

  1. Ilmu Sosial Dasar diberikan di Perguruan Tinggi, sedang Ilmu Pengetahuan Sosial diberikan di Sekolah Dasar dan Sekolah Lanjutan.
  2. Ilmu Sosial Dasar merupakan satu matakuliah tunggal, sedang Ilmu Pengetahuan Sosial merupakan kelompok dari sejumlah mata pelajaran(untuk sekolah lanjutan).
  3. Ilmu Sosial Dasar diarahkan kepada pembentukan sikap dan kepribadian,sedang Ilmu Pengetahuan Sosial diarahkan kepada pembentukanpengetahuan dan ketrampilan intelektual.

Persamaan:

  1. Kedua-duanya merupakan bahan studi untuk kepentingan programpendidikan/pengajaran.
  2. Keduanya bukan disiplin ilmu yang berdiri sendiri.
  3. Keduanya mempunyai materi yang terdiri dari kenyataan sosial dan masalah sosial

3.2 Saran

Saran dari penulis ini adalah agar mahasiswa dapat berperan aktif dan bagaimana perilaku kita dalam lingkungannya baik di sekitar rumah, di wilayah kampus maupun di lingkungan sosial dari kebudayaan-kebudayaan yang ada. Sehingga terwujudnya dari tujuan dari ilmu sosial dasar itu sendiri.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s