Perkembangan Remaja: Jean Piaget

Jean Piaget (1896-1980)

Ia dilahirkan di Neuchatel, Swiss. Ia mendapat Ph.D padatahun 1918 di Universitas Nauchatel, tidak dalam bidang psikologi melainkan dalam ilmu hewan. Ia kemudian bekerja di Universitas Sorbonne di Paris dan setelah itu di Institiu J.J Rousseau di Jenewa. Pada tahun 1925 secara lebih konkret mulai nampak minatnya bergeser ke arah filsafat, dengan diangkatnya dia menjadi pengajar filsafat di Neuchatel dan pada tahun 1929 ia diangkat menjadi professor dalam “Scientific Thought” di Jenewa. Baru pada tahun 1940 ia secara nyata terjun dalam dunia psikologi dengan menjadi direktur laboratorium psikologi di Universitas Jenewa dan menjadi editor dari Archieve de Psychologye dan Revue Swiss de Psychologye. Ia pun pernah terpilih menjadi Ketua Swiss Society For Psychologie.

Tokoh yang masih tetap produktif samapai akhir hayatnya ini adalah seorang tokoh yang sangat penting dalam psikologi perkembangan. Teori-teorinya dalam perkembangan yang mengutamakan unsur kesadaran (kognitif) akhir-akhir ini kembali ramai dianut orang, sehingga untuk menghargai jasa-jasanya, dalam Kongres International Psikologi yang diadakan di Paris pada tahun 1976, telah diadakan upacara khusus untuk merayakan ulang tahun Piaget dimana dia sendiri memberikan sambutannya dan menekankan kembali teori-teori yang terkenal itu.

Piaget dapat menjadi demikian terkenal dan penting peranannya dalam dunia psikologi karena teori-teori, metode-meode dan bidang-bidang penelitian yang dikembangkannya sangat orisinal, tidak sekedar melanjutkan hal-hal yang sudah terlebih dahulu ditemukan orang lain. Ia tertarik khususnya pada penyelidikan-penyelidikan teoritis maupun eksperimental terhadap perubahan-perubahan kualitatif pada sturktur kognitif selama proses perkembangan, dan mencoba menerangkannya dalam bahasa matematika logis. Hal-halyang pernah dipelajari Piaget antara lain adalah perkembangan intelegensi, persepsi, bahasa, moral, kasualitas, ruang, waktu, gerak, logika, epistemologi genetika, dan lain-lain.

Dalam teori intelegensi Piaget membedakan antara teori umum tentang intelegensi yang berlaku pada setiap tingkat perkembangan dan teori yang khusus berhubungan dengan tingkat perkembangan tertentu. Dalam teorinya yang umum (non phasix) Piaget menerangkan asal mula inteligensi dari tingkah laku-tingkah laku yang rendah tingkatannya. Ia percaya bahwa semua tingkah laku baik yang eksternal maupun internal (misalnya: berfikir) bertujuan adaptasi. Adaptasi dianggapnya sebagai keseimbangan yang bergerak terus antara asimilasi lingkungan terhadap individu dan akomodasi dari individu dalam lingkungannya. Kalau adaptasi dalam kehidupan psikis sifatnya lebih fungsional. Pekermbangan kognotif Piaget dianggap sebagai keseimbangan yang meningkat dari taraf asimilasi ke taraf akomodasi.

 

Cabang-cabang Psikologi Sebagai Perkembangan dan Fungsionalisme

  1. Intelegensi Sensorismotor, terdapt pada anak berumur 0 sampai dengan 1 setengah atau 2 tahun. Kemampuan anak itu masih terbatas pada penginderaan rangsang-rangsang dan memberikan reaksi-reaksi motoris yang mekanis otomatis.
  2. Representasi pra-operasional, terjadi antara usia 2-7 tahun. Dalam fase ini terjadi pembentukan simbol-simbol untuk kelak kemungkinan anakitu berfikir. Sifat anak pada usia ini masih terpusat pada diri sendiri (ego centris).
  3. Operasi konkret, terjadi pada usia 7-11 tahun. Dalam tahap ini anak tidak lagi “ego centris” melainkan banyak berorientasi ke luar, kepada objek-objek konkret.ia aktif dan banyak bergerak, tetapi perbuatan-perbuatannya tidak selalu tidak dapat dilepaskan hal-hal yang konkret.
  4. Operasi formal, terjadi antara 11-15 tahun. Individu di sini tidak lagi terikat pada objek-objek yang nyata atau konkret, ia mampu menyusun kesimpulan-kesimpulan dan hipotesa-hipotesa atas dasar simbol-simbol semata-mata.

Karya Paiget antara lain adalah The Psychology of Inteligence (1950).

 

REFERENSI

Sarwono,  Prof. Dr. Sarlito W, November 2002, BERKENALAN DENGAN ALIRAN –ALIRAN DAN TOKOH-TOKOH PSIKOLOGI.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s